Sabtu, 06 Agustus 2011

KORUPSI

Sinopsi Novel
>>>Putri Raflessia

Judul : KORUPSI
Pengarang : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Hasta Mitra
Tahun terbit : 2002
Kota terbit : Jakarta
Jumlah halaman : 160 halaman

Bakir adalah pegawai yang mempunyai empat anak. Belakangan ia sadar bahwa gajinya kurang untuk menghidupi keluarga dan dirinya. Akhirnya ia memutuskan untuk melakukan korupsi. Istrinya, Mariam telah melarang Bakir, namun ia tetap bersikeras. Karena merasa terusik Bakir pun pergi meninggalkan rumah dan menikah dengan Sutijah yang masih muda.
Bakir yang menjadi kaya karena menjadi koruptor itu mulai salah arah hidupnya. Ia juga dihantui rasa takut oleh orang disekitarnya yang dianggapnya dapat membahayakan dirinya, terutama Sirad asisten Bakir.
Sutijah yang dahulu lugu menjadi serakah. Bakir selain berkorupsi ia juga berzina. Akhir cerita Bakir ditangkap oleh polisi di kantor pos saat mengirim uang untuk Sutijah yang berada di Bali. Alasannya bukan karena masalah korupsi tetapi karena uang yang dibawa Bakir adalah uang palsu. Uang itu berasal dari taoke, uang itu hasil korupsinya. Akhirnya Bakir membuka sendiri kesalahannya di kantor polisi. Sutijah pun juga ditangkap polisi karena dianggap mengedarkan uang palsu.
Istri dan anak-anak Bakir menjenguknya dan memberinya dorongan dalam tahanan, meskipun telah lama ditinggal. Sirad asistennya juga mengunjunginya dan mengatakan bahwa kedudukan Bakir telah ada penggantinya, namun sepertinya orang itu juga berniat akan korupsi dan Sirad bertekad untuk memeranginya. Bakir tetap mendekam diantara empat dinding batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar